Apa itu Scimagojr ?


Bagi sebagian akademisi, Scimagojr sering terdengar dan dicari loh...

SCImago Journal & Country Rank adalah portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam database Scopus® (Elsevier B.V.).  Dengan kata lain, jurnal yang masuk ke dalam daftar di SCImago 98% terindeks Scopus. Hal tersebut dapat digunakan untuk menilai dan menganalisis domain ilmiah. Jurnal dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Peringkat negara juga dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Jurnal dapat dikelompokkan berdasarkan area subjek (27 area tema utama), kategori subjek (313 kategori subjek tertentu) atau menurut negara. Data kutipan diambil dari lebih dari 34.100 judul dari lebih dari 5.000 penerbit internasional dan metrik kinerja negara dari 239 negara di seluruh dunia. 

Hal yang perlu dilakukan yaitu :

1. Klik link yang tertera https://www.scimagojr.com/ 

2. Jika ada tulisan Journal Rangkings, lalu di klik

3. Maka akan muncul layar seperti dibawah ini

4. Untuk mencari bidang ilmu yang sesuai, maka klik All Subject Areas lalu akan muncul seperti Agricultural and Biological Sciences, Arts and Humanities atau Social Sciences. Selanjutnya klik All Subject Categories. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan kita dalam menemukan jurnal yang spesifik dengan bidang ilmu. Selain itu, di SCImago kita dapat menentukan negara mana yang akan dituju untuk mencari jurnal. Contohnya kita bisa memilih Middle East (Timur Tengah). Supaya tidak tertumpuk dengan prosiding, kita klik All Types dengan Journal.

5. Jika ada tanda berwarna hijau bertuliskan Q1, maka Journal tersebut memiliki nilai tinggi dan sangat bereputasi. Untuk pemula biasanya akan mencari Q4 atau Q3 untuk itu bisa langsung klik tanda panah kebawah dan SJR. Akan muncul yang terendah lebih dahulu. Kemudian dibaris tersebut ada tulisan H-index. Penentuan h-index didasarkan pada jumlah publikasi yang terindeks dan yang mensitasi atau mengutipannya. Dengan kata lain, semakin besar jumlah H-index semakin besar pula dokumen yang disitasi dari Jurnal tersebut.

6. Hal yang perlu diperhatikan adalah Setiap tahun ranking jurnal bisa berubah tergantung kualitas dari jurnal tersebut. Tahun ini Q3 tetapi belum tentu tahun berikutnya sama. Lalu jangan lupa untuk cek kembali jurnal tersebut di link: https://www.scopus.com/sources?zone=&origin=NO%20ORIGIN%20DEFINED

Untuk melakukan pengecekan  SCImago bisa juga loh melalui smartphone anda..

Semoga bermanfaat :) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah atau Kerja ?

Kumpulan Hasil Karya Ilmiah yang Dipublish